NLP

ini adalah buah tulisan aku setelah minggu lalu selama 1/2 hari aku ikut seminar NLP yang diadakan di sebuah gedung di bilangan senayan dan kalo boleh aku ucapin selamat dan matur suwun banget atas invitation dari mas absantoso sehingga aku bisa ikut join di seminar itu free heheheheh

aku sering dengar tentang NLP dan aku sendiri sampai sekarang masih ikut mailing listnya yang dari negeri kangguru cuman aku gak ngeh prakteknya dan baru minggu lalu aku mendapat wacana tentang NLP dan pernik perniknya……kalo boleh dibilang suasananya di seminar ini santai banget dan aku kira memang disengaja dan praktisi dan peserta yang hadir juga beragam latar belakang,ada yg sales ada yang owner perusahaan,cuman sattu hal persamaan mereka bahwa 5 dari mereka  berencana retired dari kerjaan mereka dan memilih menjadi konselor NLP,aku gak tahu apa sebab mereka mengikuti trend itu..

dalam sesi seminar ini juga dijelaskan sisi lain NLP tentang past present dan memory seseorang,ternyata satu orang dgn yg lain berbeda ragamnya,kalo boleh dibilang ada yg polanya past memori dibelakang dan future di depan,ada yang kebalik ada yang bentuknya past memory di atas kepala dan future di depan kepala,aku gak tahu sampai detik ini kalo ada pola tertentu dalam pola memory,dan menurut mas pengajar di seminar itu bahwa paling bagus kalo kita bisa berada di atas pola memory itu sehingga kita dengan mudah lolos dari belitan masalah yang ada di past dan present istilahnya berjalan di pelangi.

dan satu hal yang menarik benak aku sampai saat ini adalah pemaparan soal visual aktualisasi dan kinetik disingkat VAK,boleh dibilang manusia terbagi dalam 3 golongan ini dan dengan  dasar 3 hal ini komunikasi antar manusia terhubung,contoh paling mudah soal manusia dengan jenis visual adalah manusia yang suka berkata dengan menggambarkan sesuatu misal”saya suka cew dengan betis indah dll dan kinetik orangnya cenderung berkata dan komunikasi dengan menggunakan basa tubuh misal tangan yang berayun or selalu ikut bergerak manakalah kita bicara..

praktisi terakhir yang ada di seminar ini namanya pak Saiful Bahry,dari kartu nama beliau aku tahu beliau pengajar di attitude NLP,gaya bicara dia ceplas ceplos dan lepas apa adanya,dia mengatakan dan berpesan bahwa sebuah kata2 bisa menjadi malapetaka dan berbahaya bila ditempatkan pada saat yang tepat dan penataan kalimat yang rapi….contoh kamu jangan merokok,kata ini sering didengarkan kita pada saat kita kecil dan dengan penekanan suku kata yang benar dan cenderung mengancam kita sering merasa diteror oleh ucapan ini apalagi yang mengucapkan bapak kita sendiri.contoh lain adalah basa kita sendiri yang mengandung double arti,double penafsiran,contoh kemeja….seperti yang kita tahu adalah baju cuman akan menjadi lain jika kita mengucapkan dengan suasana lain …seorang ibu akan dengan cekatan memerintahkan anaknya makan dan dengan sigap menjawab jika anaknya bertanya,”bu aku lapar,makanan di mana…dengan sigap si ibu menjawab ke meja…

hihihihi aku  Baru tahu kekuatan sebuah kata2,kalo salah menempatkan bisa ancur

~ by anakdesa on May 25, 2008.

Leave a Reply

 
