MUSEUM GAJAH……..

hujan gerimis seakan tanpa henti tercurah dari langit jakarta pada sabtu 14 juni 2008…..ya hujan salah musim kalo orang jawa bilang.

sesekali mata aku memandang ke luar meliat titik hujan yang menetes menimpah kaca busway jurusan blok m -monas,pagi ini rasanya jakarta damai ya ..di bawah siraman gerimis.dan penumpang di bus way yang aku tumpangi juga gak terlalu berjejal.peace lah ………hehehhehe

akhirnya sampai juga aku di museum nasional alias museum gajah karena di depan museum emang ada patung gajah mini.dari arah museum aku bisa memandang monas yang nampak dengan kokoh berdiri…suasana cenderung sepi di museum gajah,kalo aku perhatikan banyak turis asing atau pasangan bule yng masuk ke gedung,setelah bayar tiket masuk museum seharga Rp750 aku titipkan tas aku di lobby.aku cuman bisa bertanya dalam hati,dengan tiket semurah ini harusnya museum ini rame dengan pengunjung tapi nampaknya tidak sama sekali,isinya malah patung budha or pernik2 jaman baheula ..ada pengunjung cuman bule yang sibuk mencermati statue or orang lokal alias pasangan keluarga bapak2 dan ibu2 dengan anak kecil……….kesannya jadi aneh ya….

ua kalo bicara budaya museum,memang kita boleh miris liat harga tiket murah meriah namun masih juga gak ada visitor………khasus umum bagi museum di indonesia……..

ok kita liat isi museum nasional di sayap kiri ada koleksi lokal bangsa indonesia,mostly dari jawa tengah ..dan deretan patung or arca nampak duduk dengan rapi di sepanjang teras museum,sementara di atas ada koleksi benda terbuat dari emas dengan tulisan besar di pintu…..DI LARANG MEMOTRET…aku perhatikan ada 4 orang bapak tua yang nampaknya bukan orang sini meliat2 koleksi emas yang menurut catatan berasal dari ratusan tahun lalu………

koleksi yang nampak mencolok di museum ini adalah patung sosok patung mulawarman raja pagaruyung,sangat besar dibanding patung2 lain..sosok patungnya setinggi kurang lebih 4 meter terbuat dari batu keras…..di kaki patung ada gambar patung tengkorak,kesannya dia kayak dewa syiwa ya…

next isi museum lain

~ by anakdesa on June 15, 2008.

One Response to “MUSEUM GAJAH……..”

  1. F_X

Leave a comment